BAB I
PENDAHULUAN
Nama Perusahaan :
Tiga Putra
Bidang Usaha :
Distributor Pakaian
Jenis Produk :
Pakaian, tas, dan sepatu, serta asesoris jilbab
Alamat Perusahaan :
Tegalrejo Tegalsari Banyuwangi Jawa timur
Nomor Telepon : 085859710078
A.
Identifikasi Peluang Bisnis
Dewasa ini, bisnis pakaian menjadi
salah satu bentuk bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam model pakaian
bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik. Pakaian biasa dikreasikan
menjadi pakaian yang modis serta menyesuaikan zaman. Salah satu model pakaian
yang kami fokuskan yaitu pada baju distro untuk cowok dan pakaian gamis serta
jubah untuk ceweknya. Karena masyarakat mulai bosan dengan model baju yang
sudah ada sekarang ini, tidak adanya inovasi.
Untuk itu, diperlukan inovasi baru
dalam mendesain pakaian tersebut sehingga model tidak monoton. Kami mencoba
mengkreasikan desain baru tersebut dengan mengolah desain baju yang lebih
menarik dan inovatif. Kelebihan kami karena kami mendatangkan langsung produk
tersebut langsung dari pabriknya sehingga harga lebih terjangkau di masyarakat
khususnya kalangan mahasiswa.
B.
Penjelasan Produk
Kami tidak memproduksi
pakaian, tas, dan sepatu sendiri, namun
kami medatangkan langsung dari pabrik. Agar nantinya harga yang kami tawarkan
bisa lebih murah dibandingkan dengan yang ada pada toko – toko sekitar kami.
Dan untuk aksesoris hijab kami sebagian ada yang mendatangkan dari pabrik ada
juga yang produksi sendiri dengan biaya hanya Rp.7.500,00 untuk satu buah
aksesoris jilbab ukuran kecil, dan Rp.9.000,00 untuk yang ukuran sedang, serta
Rp.10.500,00 untuk yang ukuran besar. Dengan penjualan bisa mencapai harga
Rp.10.000,oo untuk ukuran kecil, Rp.15.000,00 unruk ukuran sedang, dan
Rp.20.000,00 untuk ukuran besar.
C.
Latar Belakang Bisnis
Alasan kami menawarkan produk ini
adalah karena saat ini minat masyarakat dalam menjaga penampilan dan tren pada
pemuda dengan mengikuti gaya penampilan para idolanya menjadikan kami tergerak
untuk menjalankan bisnis ini. Oleh karena diharapkan para masyarakat awam dan
mahasiswa dapat memenuhi kebutuhan penampilannya dan dapat mengikuti gaya yang
ditampilkan oleh para idolanya tersebut.
D.
Tujuan
a.
Mendapatkan
keuntungan dari produk ini
b.
Menyediakan
produk pakaian yang mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan
masyarakat
E.
Potensi Bisnis
Produk ini memiliki peluang bisnis yang
cukup menjanjikan. Karena penampilan merupakan salah satu cara bagi orang
menunjukkan kualitas dirinya di hadapan semua kalangan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
ANALISIS SWOT
1. Faktor
Internal
1) Strength (Kekuatan)
a.
Keunggulan
produk
Kami menawarkan suatu produk pakaian,
tas, sepatu, dan aksesoris jilbab dengan harga yang ekonomis dan kualitas
unggulan.
b.
Kreativitas
Kami menawarkan kreativitas baru
dalam menyediakan model pakaian, tas, sepatu, dan aksesoris jilbab.
2) Weakness (Kelemahan)
a.
Belum
memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang
masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
b.
Kurangnya modal
Keterbatasan modal dalam usaha ini
menjadikan sebuah kelemahan yang harus diselesaikan dengan cepat dan tepat.
2. Faktor Eksternal
1) Opportunities (Peluang)
a.
Banyaknya konsumen
Banyaknya masyarakat yang kini mulai
memperhatikan penampilannya didepan orang banyak. Dengan adanya toko kami ini
dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan dengan menyediakan stok yang bervariasi
dan tentunya dengan harga yang terjangkau.
b.
Sistem
pemasaran
Pemasaran yang akan kami lakukan
cukup mudah. Kami akan memasarkannya dilingkungan kampus dan tempat tinggal.
2) Threats (Ancaman)
Salah satu bentuk ancaman yang dikhawatirkan bias
terjadi adalah persaingan yang sangat ketat.
Terkadang masyarakat kurang tertarik terhadap toko
kecil yang belum begitu dikenal orang.
|
STRATEGI
SWOT
|
Strength
a. Keunggulan
produk
b. Keterampilan
dan kreativitas
|
Weakness
a. Belum
memiliki cukup pengalaman
b. Kurangnya
modal
|
|
Opportunity
a. Banyaknya
konsumen
b. Sistem
pemasaran
|
a. Melakukan
program promosi jitu
b. Meningkatkan
produksi
|
c. Melakukan
latihan terus-menerus
d. Belajar
berbisnis dengan segala fasilitas yang ada dan menjalin koneksi
seluas-luasnya.
|
|
Threat
a. Keacuhan
konsumen
|
a. Melakukan
promosi kepada konsumen yang sekiranya tertarik dengan produk kami.
b. Menawarkan
keuntungan yang didapat dengan membeli produk kami
|
a. Memperbaiki
sistem manajemen
b. Meningkatkan
promosi
c. Menjaga
kualitas produk
|
B. PERENCANAAN BISNIS
1.
Sasaran dan Target Pasar
Sasaran
kami adalah seluruh masyarakat dari segala usia. Untuk itu kami memulai promosi
dari daerah sekitar tempat tinggal kami serta melakukan promosi pada rekan
mahasiswa di kampus, karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika
terjadi dalam suatu kelompok.
Untuk itu, kami menggalakkan promosi
di berbagai sosial media, seperti facebook, twitter, blog, dll. Hal ini kami
maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.
2.
Pembiayaan
1.
Biaya Tetap (Fixed cost)
Di bawah ini sedikit produk yang
kami gunakan:
|
No
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah Harga
|
|
1
|
Baju
|
25 buah
|
Rp.30.000
|
Rp.750.000
|
|
2
|
Celana
|
20 buah
|
Rp.80.000
|
Rp.1.600.000
|
|
3
|
Tas
|
20 buah
|
Rp.35.000
|
Rp.700.000
|
|
4
|
Sepatu
|
20 buah
|
Rp.50.000
|
Rp.1.000.000
|
|
5
|
Aksesoris hijab
|
30 buah
|
Rp.7.000
|
Rp.210.000
|
|
TOTAL
|
Rp.4.260.000
|
|||
2.
Biaya Total
§ Biaya total = Rp. 4.260.000
3.
Biaya dan Harga Per Unit
§ Biaya tetap
yang dibutuhkan untuk 1 kali belanja adalah = Rp.4.260.000
§ Harga jual
per buah baju Rp 50.000
§ Harga jual
per buah celana Rp.100.000
§ Harga jual
per buah tas Rp. 50.000
§ Harga jual
per buah sepatu Rp.80.000
§ Harga jual
per buah aksesoris hijab Rp. 10.000
4.
Modal Awal
§ Modal awal = Rp.4.260.000
5.
Analisis Keuntungan
§ Pendapatan : 1. baju yang
terjual x harga jual = 3 x Rp 50.000 =
Rp.150.000
2. celana yang terjual x harga jual = 2 x Rp.100.000 = Rp.200.000
3. tas yang terjual x harga jual = 1 x Rp.50.000 = Rp.50.000
4. sepatu yang terjual x harga jual = 2 x Rp.80.000 = Rp.160.000
5. aksesoris hijab yang terjual x harga jual = 10 x
Rp.10.000 = Rp.100.000 +
Total = Rp.660.000
§ Total biaya yang
dibutuhkan dalam 1 kali belanja : Rp. 4.260.000
§ Keuntungan = Pendapatan –Total biaya belanja yang
terjual
= Rp 660.000 – Rp 455.000
= Rp 205.000
Jadi, keuntungan yang diperoleh dalam satu hari adalah Rp
205.000
8.
Pengembalian Modal
Total biaya Produksi : Laba usaha = Rp 4.260.000 : Rp 205.000
= 21 hari
Jadi modal akan kembali dalam jangka waktu kurang
lebih 1 bulan.
C.
STUDI KELAYAKAN
1.
Lokasi
Pemasaran produk kami ini dilakukan
di rumah dan di kampus. Selain itu, pembeli bisa datang langsung melihat-lihat
proses produksi dan dapat memesan langsung.
2.
Sarana dan Prasarana
Selain menggunakan rumah produksi,
kami juga memanfaatkan berbagi media sosial seperti, blog, facebook, bbm, dan
lain sebagainya. Semua sarana ini dilengkapi dengan prosedur atau tata cara
membuat nugget tahu.
3. Sumber Daya Manusia
Untuk usaha awal, sumber daya
manusia yang tersedia terdiri dari Sembilan orang yang bertanggung jawab
sebagai manager, bendahara, penanggung jawab produksi, dan bagian pemasaran.
Setiap sumber daya manusia yang kami miliki memeliki keahlian d bidangnya masing.
Sehinga diharapakan dapat menjaga kualitas produk, memberikan pelayanan yang
baik kepada konsumen, dan mampu bersaing di pasaran.
D.
REAL BUSINESS PLAN
1. Rencana
Manajemen
1. Strategi
pemasaran
Telah banyak penjual pakaian yang
bisa dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan, seperti pasar, departement store
dan mall. Oleh sebab itu, masyarakat harus tau tentang keberadaan produk kami.
Untuk itu, kami telah menyusun strategi pemasaran. Tahapan-tahapannya sebagai
berikut:
a. Pengembangan
produk
pakaian, tas, sepatu memang telah
banyak dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan. Namun kami memberikan kualitas
yang berbeda dan tampak lebih menarik serta lebih unik dengan bahan-bahan yang
baru. produk ini akan menambah style baru di dunia fashion.
b. Pengembangan
wilayah pemasaran
Area pemasaran utama adalah di
sekitar daerah tempat tinggal kami. Contohnya di kampus Institut Agama Islam
Ibrahimy Genteng Banyuwangi. Promosi dilakukan melalui kelompok-kelompok kecil
sampai pada tingkat yang lebih tinggi.
c. Kegiatan
promosi
Promosi merupakan bagian dari proses
pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha.
Kami melakukan promosi produk kami pada tahap awal melalui mulut ke mulut.
Selanjutnya dilakukan juga promosi melalui media sosial yang kini marak di
dunia maya.
2. Strategi
Produksi
Kami memproduksi model dan desain
yang belum ada dipasaran. Kami juga memberikan pilihan yang menarik kepada
konsumen. Kami berusaha menciptakan suatu pembaharuan di dunia fashion.
Proses produksi kami tidak dilakukan sewaktu-waktu saja. Namun berjalan terus
menerus selama ada waktu luang.
3. Strategi
Penetapan Harga
Harga merupakan suatu variabel yang
mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis. Harga menunjukkan level dari
suatu produk juga menjadi acuan tentang bagaimana produk itu seharusnya bila
dilihat dari harganya. Harga yang kami tawarkan di sini, kami sesuaikan dengan
sasaran kami yaitu para masyarkat menengah ke bawah. Harga kami sesuaikan
dengan bahan dan berbagai variable lain. Kami akan mengutamakan kualitas produk,
dan tidak hanya berfokus mengambil keuntungan semata.
4. Rencana
Pengembangan Produksi
Rencana-rencana pengembangan
produksi kami antara lain:
a. Memperluas
wawasan dibidang fashion khususnya pakaian
b. Menemukan dan
menciptakan cara terbaru dalam memproduksi pakaian
c. Memperluas
berbagai desain dan kreasi pakaian
d. Meningkatkan
produksi
6. Analisis resiko
usaha dan antisipasinya
B.
Struktur Organisasi

BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
baju merupakan suatu jenis pakaian
yang kami buat dengan memberikan variasi model dan bentuk yang unik serta baru.
Produk kami ini bertujuan membantu masyarakat untuk lebih sering menggunakan
produk dalam negeri dalam sehari-hari. Proses pemasaran pada tahap awal kami
lakukan melalui mulut ke mulut, lalu tahap selanjutnya dilakukan melalui media
sosial seperti blog, facebook, twitter. Harga yang kami tetapkan cukup
terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. Kami juga menyediakan pelayanan
pemesanan pakaian.
B.
Saran
Produk kami mengutamakan kepada
unsur kenyamanan yang terkandung di dalamnya. Sehingga membedakan produk yang
sudah ada dipasaran dengan pakaian produk kami. Oleh karena itu, keterampilan
dan keahlian menjadi sangat penting dalam produksi kami.
11 komentar:
Thanks brah...
Membantu banget...
bisnis fashion memang senantiasa menjanjikan omset yang menggiurkan.. terimakasih atas informasinya Kak, sangat bermanfaat...
Software Kasir Android Gratis
trima kasih
Mantap Bosque, bisa jadi referensi tugas bisnis plan gw, thanks
Ijin copas
terimakasih bisnis plannya sangat membantu
Bonus Casino Online Spesial Dari Agen Judi Online Bolavita !
Bonus 100% Bila Menang Beruntun 8x, 9x, 10x
Tersedia Banyak Provider Yang Lengkap !
» SBOBET 338a
» SA Gaming
» Sexy Gaming
» Fun BET
» Asia Bet
» E-Bet
» WM Casino
Promo Spesial :
• Bonus Deposit Pertama 10%
• Bonus Deposit Harian 5%
• Bonus Rollingan 0.8%
• Bonus Referral 7% + 2%
Daftar & Klaim Bonusnya Sekarang Juga !
Tersedia Deposit & Withdraw Via : OVO, Gopay, Dana, Linkaja, Sakuku, Pulsa Dan Semua Jenis Rekening Bank Di Indonesia !
Hubungi Kontak Resmi Kami Dibawah ini (Online 24 Jam Setiap Hari) :
» Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
» ID Telegram : @bolavitacc
» ID Wechat : Bolavita
» ID Line : cs_bolavita
Total biaya belanja yang terjuak gimana cara hitungnya ya? Ko bisa dapar hasilnya 455.000?
terimakasih sangat membantu
Total biaya yang terjual ko bisa dapet 455.000 itu dari mna ya hasilnya?
Itu hasil penjualan harga aslinya belum dihitung profit penjualannya. Semoga membantu
Posting Komentar